Monday, February 27, 2006

sawan ka mahina vs buaye gile

Benyamin Sueb adalah salah seorang yang terus bernyanyi di dalam hatiku akhir-akhir ini. dan rasanya kemanapun aku pergi, Bang Ben jadi selalu mengikuti. seperti malam itu, di salah satu kursi belakang di Hall milik Bali Hai Resort and Spa, aku mendengarkan intro lagu Benyamin yang sering kali aku putar akhir-akhir ini. aku tau kalo lagu itu sebenarnya adalah interpretasi dengan parodi dari sebuah lagu India. tapi mendengarnya di tengah konser biola Bali Violin School yang sangat serius, membuatku ingin tertawa karena teringat lirik ini...

Saban lu kerumah
Aduk-aduk kasur
Jemurannye pade baseh
Duit ceban ente gusur

Saban lu kerumah
Lu mintanya sahur
Diarahkan puase
Lu malah aduk sumur

Rame pada bekelai
Ye buaye...
Die same lu kite same tetangge

Rame pada bekelai
Ye buaye lo...
Disuruh sekolah malah lu ngisep ganje
(Masya Allah!)

lagu itu berjudul Buaye Gile. cara Bang Ben menyanyi juga dibikin lambat dan men-dangdut dan agak-agak kayak orang Arab (ato India?). ihihihihi... ditengah-tengah penonton yang serius menyimak lagu itu, aku cekikikan sendiri. aduh! untung ruangannya gelap jadi nggak ada yang tau kalo aku ketawa.

esoknya aku googling tentang lagu ini. ternyata judulnya Sawan Ka Mahina, dan jadi musik terbaik untuk film Milan, yang juga mendapatkan nominasi sebagai film terbaik dalam Filmfare Awards saat dirilis pada tahun 1967. penulis lagu ini, Laxmikant Pyarelal menunjuk Lata Mangeshkar dan Mukesh untuk menyanyikannya. demikian lirik asli lagu ini...

Sawan ka mahina, pawan kare sor
Jiyara re jhoome aise, jaise banmaa naache mor..
Sawan ka mahina, pawan kare sor
Jiyara re jhoome aise, jaise banmaa naache mor

Sawan ka mahina, pawan kare sor
Jiyara re jhoome aise, jaise banmaa naache mor

Raama gajab dhaae, yeh purwaiyya
Naiyya sambhalo kit, khoe ho khiwaiyya
Rama gajab dhaae, yeh purwaiyya
Naiyya sambhalo kit, khoe ho khiwaiyya
Hey.. Purwaiya ke aage, chale naa koi zor
Jiyara re jhoome aise, jaise banmaa naache mor

sedikit ulasan mengenai Milan, dapat dilihat di alamat blog ini, lengkap dengan MP3 Sawan Ka Mahina yang bisa di-download. keterangan mengenai Lata Mangeshkar aku baca di wikipedia

buat yang kekeuh pengen denger aku nyanyi lagu ini, silakan telepon aku.

7 comments:

Anonymous said...

trus dengerin ina nyanyi???

OGAAAAAAAAAAAAAAAAAH....................
hihihii

tomblos said...

hey buaye betine!

Anonymous said...

Hallo, gue juga penggemar benyamin s. Gue lagi coba koleksi lagunya nih, da dapet sekitar 70 lagu. Tapi lagu ini yang paling susah dicari. Kalo sempet kirim ya ke email gue (macayp@yahoo.com). Kalo mao tukeran juga ga papa.

Dian Ina said...

halo!
coba cek inbox kamu. semoga nggak nyasar ke bulk mail folder

have fun!

Anonymous said...

bagi juga donkz lagunya< tw linknya az gpp
email gw yach,
thanks
alfian_rudi@yahoo.co.id

Anonymous said...

Wuaaahh...Ajib bgt tuch lagu! Ane cari-cari tapi nga ada yang sampe selese and bagus kualitasnya. Sudikiranye Ane dibagi dunk, kalo bisa versi India ma versi legenda benyamin sueb-nya yak. Plissssss
vvevvith@gmail.com

Unknown said...

Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai aku datang di Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan requirements.After saya bertemu dengan persyaratan dan kondisi perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com saya email saya hanya bersaksi Ibu Amanda akan baik dan bantuan yang diberikan kepada dia saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.

duka yang menyusun sendiri petualangannya

  rasa kehilangan seorang penonton pada aktor yang dia tonton sepanjang yang bisa dia ingat, adalah kehilangan yang senyap. ia tak bisa meng...