alamanda.blogspot.com is proudly powered by Blogger
Template Design by Didats Triadi

DateMonday, January 12, 2009   Comment

udah ku-googling.
dan katanya ini namanya. untuk tanggal yang penting, yang maunya diinget-inget setiap bulan, tapi masih belum genap satu putaran tahun datangnya. kamu tahu maksudnya, aku juga tahu.
cuma sampai kemarin sore 'kan kita masih belum nemu namanya apa.

kalo udah lewat satu anniversary, selanjutnya akan bisa kita sebut begini:
Happy 1,1...1,2...dan seterusnya:D
jadi, Happy Almost Anniversary!
it's been wonderful 11 months with you:)
*wink*

DateSaturday, January 10, 2009   Comment

Newsweek memasukkan nama Eric Schmidt dan Jimmy Wales sebagai dua dari lebih kurang 50 orang dalam daftar The Global Elite-nya tahun ini. tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam daftar itu, karena orang-orang ini dianggap mempengaruhi jalannya dunia sepanjang tahun 2008.

Schmidt memimpin Google, sebuah perusahaan yang mengelola mesin pencari yang paling sibuk di seluruh dunia, yang memberi alamat email secara gratis dengan kapasitas inbox paling besar, sekaligus jadi perusahaan di dunia maya dengan inovasi iklan baris yang paling efektif, karena menampilkan daftar iklan sesuai dengan hal-hal yang dicari, atau sesuai kata-kata kunci yang terdapat dalam email.

sementara Wales membangun Wikipedia, sebuah ensiklopedi virtual merangkap kamus sekaligus perpustakaan, yang berisi 11 juta artikel. seluruhnya bisa dibaca, diunduh dan di-copy-paste secara gratis. bahkan tanpa iklan. dalam 262 bahasa. karena ambisinya adalah memuat seluruh pengetahuan yang ada di dunia, untuk bisa diakses dengan bebas oleh siapa saja. karenanya tak heran, sebuah catatan menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2008, Wikipedia diakses sekitar 250 juta kali.

tapi buatmu, barangkali, nama dua orang ini, dan atau perusahaannya, tidak penting sama sekali. karena aku curiga kamu tidak pernah mendengar, mengetahui, atau menggunakan layanannya. alasan kecurigaanku sebenarnya sederhana. karena naskah hasil suntinganmu yang terbit sebagai "Laskar Pelangi", "Sang Pemimpi" dan "Edensor", tidak layak publikasi. dan kesalahan-kesalahan di dalamnya, adalah kesalahan yang dengan mudah dapat diperbaiki, kalau saja kamu mau mengetikkan kata-kata dan istilah yang tidak kamu ketahui artinya, yang terasa ganjil, atau kurang meyakinkan, pada dua kotak pencari di dua situs ini. Google dan Wikipedia.

percayalah, aku sudah membaca ketiga buku Andrea Hirata sebelum menulis post ini. dan kalau aku membacanya lebih dari dua kali, dengan gaya suntingan yang sama, aku akan melemparkan ketiga buku (yang sudah ditandatangani Andrea) itu, ke tong sampah.

kenikmatan membaca sama sekali hilang ketika menemukan banyak kesalahan tulis yang sebenarnya bisa diperbaiki dengan mudah kalau saja kamu mau membaca naskahnya sekali lagi dengan hati-hati. begitu juga dengan penulisan kata-kata atau istilah dalam Bahasa Inggris. ingin rasanya aku meneleponmu untuk memberi tahu bahwa dalam software Microsoft Word (yang bisa kamu akses dengan mudah di nyaris seluruh komputer di Indonesia ini) ada tool untuk mengecek spelling and grammar.

jadi kalau ketiga hal ini digabungkan, lalu katakan kamu membekali dirimu dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (yang sudah ada versi online-nya juga) saat mengedit "Edensor", akan dengan mudah bisa kamu temukan bahwa Perancis itu selayaknya ditulis dengan menambahkan 'e' diantara huruf 'p' dan 'r'.
lalu 'kemistri' itu tidak ada, karena dalam Bahasa Indonesia kata lain untuk chemistry adalah kimiawi.
bahwa irresistible itu tidak seharusnya ditulis irresistable.
bahwa yang sunyi sepi itu quiet, bukannya quite dan nothing to lose adalah penulisan yang benar, bukannya nothing to loose.
perlu juga aku tambahkan bahwa ibukota Finlandia adalah Helsinki, bukannya Helsinky.
sementara Thomas Alva Edison itu berbeda dengan Thomas Alpha Edison, dan Benjamin Franklin tidak pernah jadi Presiden Amerika Serikat.

lalu, sebagai orang yang suka mendengarkan musik dan menonton film, aku harus menegaskan padamu bahwa judul lagu The Doors yang paling legendaris dan liriknya dikutip oleh Andrea dalam bukunya adalah The End! kok bisanya dengan semena-mena kamu membiarkan judulnya diubah jadi End of Night?!

dan kalaupun sebagian besar penduduk Indonesia dari Belitong sampai Timika tidak pernah sampai ke makam Jim Morrison, jangan sampai mereka salah paham dengan lagu The Doors yang paling penting itu. lalu kaitannya dengan menonton film, tahukah kamu kalau The Sound of Music itu sama sekali bukan kisah mengenai petani dan domba-domba gemuk?! kamu benar-benar membuatku geleng-geleng kepala. tak habis pikir.

sekarang aku jadi ragu-ragu untuk membaca Maryamah Karpov.
bisakah kamu meyakinkanku kalau suntingan untuk buku ini lebih baik daripada buku-buku sebelumnya?
sudah lama aku ingin menulis surat ini. kupikir dengan terbitnya Maryamah Karpov, saat yang tepat telah tiba.

salam,
Dian Ina

DateTuesday, January 06, 2009   Comment

"mantanku yang kemarin itu setiaaa. tapi cemburuannya yang aku nggak tahan. dikit-dikit aku diinterogasi" katanya melalui telepon.

"dia mau tahu semua password email, facebook, YM, membaca semua sms di hpku, dan tanya-tanya setiap nama perempuan yang tertulis di situ"

"dia menelepon orang-orang yang dia curigai dengan hpku, dan menginterogasi mereka, lalu minta ketemu sama mereka" kata yang lain.

"tapi kalau sendirinya ditanya-tanya, malah marah. `kenapa sih nanya-nanya? nggak percaya ya, sama aku?`" kata yang mengaku sudah kenyang diperlakukan begitu.

"dia bahkan mau tahu isi dompetku" kata yang lain lagi menimpali. "dan setelah aku menjawab dengan jujur, dan memberinya akses pada semua hal, dia malah jadi semakin nggak percaya sama aku" tambahnya lagi.

"pernah, sekali, aku pergi ngambil motor yang baru beres diperbaiki di bengkel, terus langsung beli bensin sekalian. karena dekat, hp nggak aku bawa. setengah jam kemudian, waktu aku pulang, udah ada sms omelan karena sms-nya belum aku balas. tapi gimana caranya mbales kalo hp nggak kubawa?"

"kamu udah coba menjelaskan?" tanyaku.

"udah, lah! abis itu dia aku telepon. tapi dia marah-marah dan bilang itu cuma alasanku aja buat ketemu cewek lain"

aku diam lama dan membatin. apa yang akan dikatakan perempuan itu kalo alasan pacarnya terdengar absurd seperti: "aku mau ke rumah Joe, ngobrolin cara meng-arsipkan file. buat orang lain mungkin itu kedengeran nggak penting. tapi buat aku itu obrolan yang menyenangkan"

"dia seperti berusaha mencekikku sampai mati. aku udah capek dengan pertengkaran yang awalnya cuma kecurigaan nggak beralasan. dia tanya setiap orang yang add aku di facebook. dan mencurigaiku habis-habisan kalau aku bilang aku nggak kenal orang itu dan karenanya nggak aku add."

"dia menghapus setiap nama perempuan yang ada di hpku. dia nggak peduli itu siapa. aku benar-benar nggak tahan"

girls, those are confessions I heard from six different men in the past 30 days. 5 dari 6 hubungan itu kini telah berakhir karena bagi mereka, tidak ada masa depan bagi perempuan yang punya sindrom posesif, cemburuan dan paranoid. pada akhirnya, cinta dan kesetiaan dan semua hal yang menyenangkan dalam hubungan itu jadi lenyap ditelan racun cemburu dan curiga.

bagian terbesar dari hubungan yang sehat menurutku adalah kepercayaan. tanpa itu, mustahil kita bisa hidup tenang dalam menjalani hubungan. dan kalau seseorang belum siap mempercayai, berarti memang belum siap punya hubungan dengan siapa pun. buat yang udah pernah dikhianati, memang sulit untuk mempercayai kembali. tapi aku pikir, kita nggak bisa menyalahkan seseorang atas suatu hal yang tidak dilakukannya. kalau mantanmu berkhianat, pasanganmu yang sekarang tidak semestinya bertanggung jawab atas pengkhianatan di masa lalu itu.

menulis hal semacam ini bukan berarti aku tidak pernah mengalami dikhianati. dan belum tentu bebas dari perselingkuhan dan pengkhianatan di masa depan. tapi aku mau hidup tenang. dan mau percaya.
kamu?

ps: dan tetap waspada

DateFriday, January 02, 2009   Comment

1 Januari 2009

12.00
dua samosa isi kentang dan kacang polong
segelas lassi mangga
sepiring gado-gado pake lontong

14.00
satu grilled beef skewer
satu grilled paprika skewer
satu grilled mushroom with minced chicken skewer
setengah salad sayuran dengan sesame dressing
setengah porsi orchid sashimi
setengah porsi agedashi tofu
iced green tea

17.00
segelas jus nenas - melon

18.00
segelas teh melati tanpa gula

21.00
satu vietnamese spring roll
setengah porsi green papaya salad
setengah porsi mixed garden salad with olives
satu porsi seafood curry
satu porsi nasi putih
segelas besar es teh buah dengan cinnamon dan serai

Happy New Year!

Shoutbox



Instagram