alamanda.blogspot.com is proudly powered by Blogger
Template Design by Didats Triadi

DateTuesday, May 23, 2006   Comment

menjadi mata-mata atau agen rahasia adalah salah satu obsesiku sejak kecil. aku ingat, aku selalu merasakan gairah yang luar biasa setiap kali membaca kisah-kisah misteri, berusaha ikut memecahkan masalah dalam buku-buku kisah petualangan Enid Blyton yang aku baca. aku memang membaca Lima Sekawan dan serial lainnya, tapi yang paling pas dengan gambaranku tentang petualangan misterius adalah seri Pasukan Mau Tahu. selain karena makanan-makanannya paling banyak dan kayaknya enak banget, juga karena di setiap buku ada acara melakukan penyamaran.

trus, waktu masih SD aku baca sebuah serial di majalah tentang dinas rahasia Israel -Mossad. bagaimana mereka direkrut, apa saja yang mereka pelajari selama pendidikan, tugas-tugas yang mereka kerjakan, semua dibahas dari sudut pandang agen, yang menceritakan lebih dari 20 tahun karirnya. selain Mossad, aku yang keranjingan Dunia Dalam Berita akhirnya juga mengetahui tentang dinas rahasia yang lain seperti Stasi, CIA, KGB, MI 6... dan seterusnya. jangan heran kalo ada nama-nama jadul. waktu aku masih SD kan peralihan dari Perang Dingin ke masa Pasca Perang Dingin (belum diberi nama).

aku juga sangat tertarik sama sandi-sandi, cara mengirim pesan secara rahasia dan pengintaian dan misteri. pernah, aku mencoba-coba berbagai cara yang ditulis di buku untuk membuat surat kasat mata. aku tulislah surat dengan air jeruk sebagai tintanya. besoknya aku kasih teman disekolah dan aku bilang kalo untuk membacanya, dia harus memanaskan suratnya dibawah lampu. tapi temanku bilang dia nggak bisa membacanya, tulisannya nggak keluar walopun udah dipanaskan. tampaknya aku pake air jeruk yang salah. mestinya jeruk nipis, bukan jeruk siam.

lalu aku sering berkhayal terlibat dalam kasus-kasus spionase tingkat tinggi, menguntit perdana menteri negara anu, menyamar agar bisa membongkar rahasia negara lain, terus berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam tugas pengintaian tanpa ada orang yang boleh tau. jadi kalo misalnya mama mau ketemu denganku, mama harus mengucapkan kata sandi yang tepat. kata sandi yang diganti setiap minggu demi keamanan. gara-gara khayalan ini, aku nggak pernah tertarik untuk baca novelnya John Grisham karena isinya pengacara melulu.

walaupun ada orang yang bilang padaku kalau hidup menjadi mata-mata itu pasti kesepian, karena nggak ada yang bisa dipercaya, bahkan saudara dan keluarga, tapi aku nggak gentar. sepertinya tugas dan keasyikan yang kudapatkan dari pekerjaan ini sangatlah menantang dan menggoda. walopun aku belum tentu bisa seperti Mata Hari, tapi aku tetap ingin jadi mata-mata, alias agen rahasia. bayangkan, kamu bisa menjalani beberapa peran sekaligus dalam hidup sambil bisa ketawa-ketawa sendiri karena nggak ada yang tau siapa kamu sebenarnya.

hanya ketika papa bilang kalo mau jadi mata-mata harus daftar tentara atau polisi dulu, barulah aku mundur teratur. aku nggak mau jadi tentara. nggak mau juga jadi polisi. nggak adil rasanya kalo jadi agen rahasia kok harus jadi polisi atau tentara dulu. masa nggak bisa sih, kalau aku direkrut karena kemampuan yang sudah ada pada diriku ini? lagian, kalo semua kerjanya militer... mana bisa menyamar dengan natural... nanti pasti bawaannya nyamar jadi satpam ato menwa melulu. booring!

oya, selama kuliah di HI, yang paling menarik selain mata kuliah yang berhubungan dengan perdamaian dan diplomasi (negosiasi, strategi, analisa konflik), adalah mata kuliah yang berhubungan dengan studi keamanan. Pak Nanang dan Pak Rizal, para narasumber senior dan nara sumber yang meyakinkan, mengijinkan kami memilih subjek untuk dipelajari. Terorisme dan Spionase adalah dua diantara sekian banyak subjek pilihan kami.
kata Pak Nanang nih... "kalo mata-mata gayanya kayak James Bond, belum seminggu bertugas pasti udah ketangkap sama lawannya" hihihihi...
nah! jadi aku pasti memenuhi syarat jadi mata-mata. karena aku biasa-biasa aja dan nggak menarik perhatian. siapa yang mengira, perempuan kurus yang canggung, cerewet dan gampang ngantuk itu sebenarnya sedang dalam tugas menyamar?

tapi karena nggak mau jadi polisi atau tentara, pilihan buatku tinggal jadi teroris, mata-mata bayaran, atau anggota sekte rahasia. aku terinspirasi sama Carlos the Jackal juga nih... mengingat dia adalah pembunuh yang paling susah ditangkapnya gara-gara nggak ada yang punya fotonya. sementara aku tuh sejenis banci kamera, foto-foto dimana-mana. tapi setelah tau tentang Carlos yang nama aslinya Ilich Ramirez Sanchez, tiap kali aku difoto, aku selalu teringat padanya.

pas kuliah, kalo ada orang yang tanya cita-citaku, dengan serius aku akan jawab "Agen Rahasia". termasuk waktu harus kirim CV buat jadi officer acara yang dibikin sama UNDP. si pewawancara menatapku dengan ekspresi yang nggak bisa dijelaskan setelah baca CV-ku. mungkin dia heran. tapi aku serius! jadi agen rahasia itu salah satu alasan kenapa aku melakukan banyak hal dan bekerja macam-macam. itu sebagai persiapan, supaya kalo aku nanti harus menyamar, aku nggak kehabisan peran. biasanya aku melatih kepribadianku kalo sedang dalam perjalanan, dan diajak ngobrol garing sama penumpang di sebelahku. aku bisa mengaku jadi apa saja, sesuai imajinasi saat itu.

jadi, buat kalian semuanya yang baca tulisan ini. kalo ada lowongan jadi anggota sekte rahasia semacam Priory of Sion, tolong kabari aku. aku bersedia melakukan berbagai tugas berat untuk organisasi. tapi nggak usah pake iuran pendaftaran anggota, dan jangan suruh bayar yang macam-macam. okay?

Comment

Anonymous heny at 3:43 PM, May 23, 2006 said:

harus isi form, lengkap dengan nomor katepe dan nomor rekening bank di swis yang ga bisa ditelusuri. buat bayar gaji ntar.

Anonymous Anonymous at 5:20 PM, May 23, 2006 said:

wah kok bisa sama sih ? :)
seriously BIN dan Deplu kerja sama merekrut lulusan-lulusan HI seperti kamu ya :)

eh disini ada nih :)
http://intelindonesia.blogspot.com/2006/05/tentang-institut-intelijen-negara-iin.html
http://intelindonesia.blogspot.com/2006/05/bagaimana-caranya-mengabdi-dan-menjadi.html


-HS-

Anonymous wandira at 5:39 PM, May 23, 2006 said:

Hiaa... agen rahasia ... kalo udah bilang bilang duluan bukan rahasia lagi donk, apalagi di cantumin di CV .. hehe

Anonymous wandira at 5:53 PM, May 23, 2006 said:

Kalo saya sukanya Noddy dan Lima Sekawan nya ...huh koq dua kali aku ngomen disini yah ?

Anonymous specialized at 6:09 PM, May 23, 2006 said:

Spies don't write blogs, Dian.



ehehe!

Blogger saylow at 6:52 PM, May 23, 2006 said:

AGEN MATA-MATA LULUSAN AKS TARAKANITA JURUSAN TATA BOGA BISA TIDAK YAH?

Anonymous ebo at 8:36 PM, May 23, 2006 said:

Wah telat.. baru mo bilangin ada bukaan untuk mata-mata minggu lalu, seorang ibu pingin memata-matai suaminya. Hari ini udah ketahuan selingkuh....

Anonymous Anonymous at 9:38 PM, May 23, 2006 said:

gue juga suka hal-hal yang berbau intelijen, film-film nya jg gue seneng. dan juga hal-hal yg menyangkut dengan konspirasi terhadap suatu negara melalui peranan intelijen. kayaknya keren gitu lho sesuatu yg berbau intelijen. bisa menjadi bermacam-macam karakter pribadi orang.

Blogger Naif Al'as at 9:38 PM, May 23, 2006 said:

gue juga suka hal-hal yang berbau intelijen, film-film nya jg gue seneng. dan juga hal-hal yg menyangkut dengan konspirasi terhadap suatu negara melalui peranan intelijen. kayaknya keren gitu lho sesuatu yg berbau intelijen. bisa menjadi bermacam-macam karakter pribadi orang.

Anonymous lengkara at 9:20 AM, May 24, 2006 said:

ah, Pasukan Mau Tahu..
pakabar Fatty? he he he..
anyway, kl mau daftar aja di Lembaga Sandi Negara...
tapi kl jadi agen di Indonesia, jangan2 banyak disuruh untuk kepentingan penguasa doang

Anonymous fajri at 11:39 AM, May 24, 2006 said:

Pasukan mau tahu dan sapta siaga adalah buku Enid Blyton yang paling jelek :) yang bagus adalah lima sekawan. Tapi yang paling bagus adalah kisah petualang lucy-ann dan saudara2nya (yang punya burung kakatua itu lho).

Blogger amen at 5:29 PM, May 24, 2006 said:

gua suka nonton spygame nya robert redford

Anonymous didats at 6:58 PM, May 24, 2006 said:

*tepok jidat ina pake koran*

sudah mengkhayalnya...

Blogger Hedi at 9:49 PM, May 26, 2006 said:

coba aja akses situs CIA...
konon ada org indo yg direkrut CIA gara² pernah masuk situsnya.

Blogger Joanie P. at 10:42 PM, June 05, 2006 said:

Wah, mirip. Cita-cita pas kecil juga pengen jadi The Jackal, dan pengen juga masuk Mossad, hihihi.

Blogger saylow at 4:29 PM, August 21, 2006 said:

ini links buat bacaan juga Na! http://www.wikihow.com/Become-a-CIA-Agent

Anonymous Anonymous at 7:14 PM, November 09, 2006 said:

napa sich koq pada senang dengan urusan maut gitu..mending jadi orang biasa ja,punya anak,istri hidup bahagia tiap lebaran mudik ma sodara2x..coba kalo jadi agent mesti pindah2 ga jelas kemana..kesepian,dilema dalam hidupna..

Anonymous ferdi at 9:33 PM, February 04, 2007 said:

Ngapain jadi agen rahasia? seumur hidup bakal diintai trus ama atasan sendiri, apalagi kalo punya rahasia yang 'top secret'. bukan cuma nyawa sendiri yang terancam tapi juga keluarga dan teman2 juga ikut repot.

Anonymous Anonymous at 11:21 AM, February 12, 2007 said:

pelajari ini:Комитет государственной безопасности СССР (КГБ) — одно из названий государственного органа, выполнявшего задачи по защите государства СССР от внутренних и внешних врагов. Являлся одной из самых могущественных государственных структур в СССР
dan ini: המוסד למודיעין ולתפקידים מיוחדים, הידוע יותר בשמו המקוצר: המוסד, הוא אחד ממרכיביה של מערכת הביטחון בישראל. המוסד הוא ארגון הביון של המדינה, הממונה על איסוף מידע אזרחי וצבאי ופעולות ביטחון חשאיות מחוץ לגבולות המדינה. המוסד נחשב בעולם כאחד מארגוני הביון המוצלחים ביותר ונקשרו לו כתרים רבים.ntar kamu tak cari!

Anonymous Anonymous at 11:28 AM, February 12, 2007 said:

bhs mandarin & arab. ASIS (The Australian Secret Intelligence Service ) lg butuh interpreter kode di Internet. kapan hari mossad juga butuh.liat aja situs
http://www.mossad.gov.il/Mohr/MohrTopNav/MohrEnglish/MohrAboutUs/
ato ini https://www.mossad.gov.il/Mohr/MohrTopNav/MohrEnglish/MohrApplicationForm/ kalo australia http://www.asis.gov.au/employment.html. smoga sukses

Anonymous Anonymous at 11:40 AM, February 12, 2007 said:

sering tulis masalah dinamika islam di indon, trutama dlm bhs inggris.
pahami masalah poso, separatisme, dinamika islam. biar byk agent handler yg cari kamu. resikonya :
melanggar hukum dan dipenjara.tp tenang aja, sampai skrg ga ada tuduhan sbg mata2 kok. manjur juga kalo gabung ama lsm yg didanai LN. kalo suka kode pelajari Cryptography,yg ama mama kamu namanya dead drop.motivasi agen byk. macemnya MICE Money, Ideology, Coercion, and Excitement.
di situs ASIS ada peringkat kemampuan berbahasa. kamu pahami yaaaa...

Anonymous Bimasena at 9:49 AM, June 22, 2007 said:

Apa kabar rekan2....

Untuk mba Dian Ina,
Anda benar2 ingin menjadi agen rahasia ?
Apa motivasi Anda untuk menjadi agen rahasia ?
Jangan terlalu banyak mengekspos diri pada publik !!!

Terima kasih mba....

Anonymous Anonymous at 8:33 AM, July 14, 2007 said:

kalau anda ngomaong ngomong begini . mana ada yang mau ngrekrut anda...

Anonymous Anonymous at 5:57 AM, September 06, 2007 said:

Anda terlalu banyak menghayal mba mau jadi mata2...anda harus bedakan dulu spion,spionase,agent,intelijen,dan jga jenis2 nya baru ngmong
trus jlas id anda tlh trbuka coz anda org nya gmpang mmbuka id sndiri...trus satu lagi yang paling penting jgn skli2 anda menyebutkan organisasi MENWA smbarangan coz bsa di labrak lu ma MENWA se indonesia...ntu mulut mbok di jaga jgn asal bacot...
saya prnah ikt org2 intelijen tugas gara2 saya dr MENWA..sblm nya sya ign bantu n mnjdi tmn anda tp krna anda org nya trlalu subjektif trhadap menwa maka sorry aj pnya tmn yg ska menilai scra subjekti
Jangan melihat buku hanya dari sampulnya...key

Anonymous dian ina at 6:35 PM, September 09, 2007 said:

hmmm... coba dibaca baik-baik, bagian mana yang saya menyinggung menwa? di tulisan itu, saya bilang:

lagian, kalo semua kerjanya militer... mana bisa menyamar dengan natural... nanti pasti bawaannya nyamar jadi satpam ato menwa melulu. booring!

kalimat itu artinya, kalau menyamarnya hanya jadi satpam atau menwa saja (dan nggak menyamar jadi yang lain-lain) jadinya pasti boring. membosankan.

dibaca lagi.
nggak ada tuh yang menyinggung menwa.
santai aja, dibacanya jangan pakai perasaan, tapi pakai kepala dingin.

Anonymous NoName at 9:07 AM, September 21, 2007 said:

saya pikir dian ina betul. mungkin sodara anonymous kurang begitu memahami apa yg ditulis dian... apa hanya orang menyebut nama menwa anda langsung tersinggung begitu? saya pikir anda bernalar dan cukup mengerti itu.
temen saya dulu seorang menwa. saya tidak mengingkari bahwa di menwa dididik keras dan ini pengaruh terhadap kesehariannya. gara-gara teamnya menwa hampir dibubarkan karna kasus. Nah, kendati sekeras apapun didikan, secara fisik, toh hendaknya masih punya kepala yang dingin, hingga dalam memaknai satu hal bisa lebih terpelajar lagi.. dan tentu TERDIDIK. kalau saja tak sampai dapat mengerti sedikitpun apa yang disampaikan, apa yang terjadi? prajurit dan semacamnya brutal!

itu tergantung, bukan maksud saya menunjukkan pada salah satu kesatuan atau apa, siapa, tapi pada lebih per-individu, artinya relatif. banyak prajurit yang punya jiwa besar juga. tak melulu berbicara dengan otot, apalagi peluru, mereka juga sadar bahwa keamanan jiwa mereka tak ada yang tahu.

komentar ini perspektif dari sudut pandang saya terhadap komentar sebelumnya.

terima kasih.

Anonymous waskita sinandi at 12:15 PM, December 31, 2009 said:

Комитет государственной безопасности СССР (КГБ) — одно из названий государственного органа, выполнявшего задачи по защите государства СССР от внутренних и внешних врагов. Являлся одной из самых могущественных государственных структур в СССР

USSR State Security Committee (KGB) - one of the names of public authority, performs the task of protecting the state of the USSR from internal and external enemies. He was one of the most powerful state structures in the USSR
המוסד למודיעין ולתפקידים מיוחדים, הידוע יותר בשמו המקוצר: המוסד, הוא אחד ממרכיביה של מערכת הביטחון בישראל. המוסד הוא ארגון הביון של המדינה, הממונה על איסוף מידע אזרחי וצבאי ופעולות ביטחון חשאיות מחוץ לגבולות המדינה. המוסד נחשב בעולם כאחד מארגוני הביון המוצלחים ביותר ונקשרו לו כתרים רבים

Mossad, better known abbreviated name: the institution, is one of the components of the defense establishment in Israel. Institution is the country's intelligence organization, in charge of collecting information security and civilian and military clandestine operations abroad. Institution is considered as one of the world's most successful intelligence organization and tied him many crowns

Anonymous waskita sinandi at 1:00 PM, December 31, 2009 said:

keep in silent

Blogger weQs at 2:01 PM, April 11, 2010 said:

gw jg terobsesi sih jagi secret agent gara gara sering nonton film film barat yg...aksi aksinya sering bernuansa agen agen gitu............ tapi gw masi 15 thn wkwkwkwkwk... bisa tau gk bocoran bocoran biar bisa jadi secret agen gmn ?????

Anonymous Manaaazz at 2:06 PM, April 11, 2010 said:

cita cita gw juga jadi secret agent...tapi gw masi umur 15 thn..gw terobsesi gara gara sering nonton film film barat yg bernuansa agen agen rahasia gitu...............misalnya film Mission imposible, rambo, Tom Cruise,James bown,, banyak deh pokokna...bisa kasi tau gk... hehehe plisssssss

Anonymous Manaaazz at 2:09 PM, April 11, 2010 said:

Ehhh bisa kasi tau gak cara cara biar jadi agen rahasia plissssss

Blogger Rinto Pramarinto at 1:49 AM, December 14, 2013 said:

mbak, jadi agen spionase itu ada program didikan military, aku yg pernah dianggap anggota cepu atau 'ambon kendal' atau whiskie yankie aja ngrasain dimusuhi lingkungan karena pengetahuan dan informasi yg aku miliki, krn aku pernah mencoba infiltrasi ke kelompok2 sasaran, padahal gak ada yg nyuruh loh, ini akibat bacaan2 buku yg disebutkan diatas tadi, lalu buku hawkeyes, bacaan wkt kecil dulu, mulai SMP terobsesi dengan peralatan militer, dari kliping sampai gambar wallpaper didinding kamar full special forces, sekarang jd geli kalo ingat itu, ada untungnya juga, multitasking dan menyelesaikan pekerjaan dalam keadaan waktu yg mepet dan tertekan mudah teratasi, punya obsesi bisa menguntungkan juga yaa...

Anonymous Anonymous at 10:39 AM, May 18, 2014 said:

Jadi agen rahasia khususnya CIA resikonya banyak lho, anda harus banyak menguasai banyak bahasa, belum lagi jika ketahuan sama negara lain, jauh dari keluarga, mau masuk CIA akan ditanya latar belakang anda seperti apa : pernah minum obat-obatan terlarang atau tidak, pernah dapat catatan kriminal, bahkan latar belakang teman dan keluarga juga ditanya dan bla bla bla. Belum lagi syarat IPK minimal 3,0 pada skala 4.0 (tentu sudah sarjana pastinya) dan pasti harus mau jadi warga negara Amerika.

Jadi agen BIN persyaratannya tak ada yang tahu, tapi kemungkinan polri dan ABRI.

Saya sarankan lebih baik jangan menjadi agen rahasia.

Blogger Nova Monica at 9:37 PM, November 04, 2015 said:

Saya juga mau jadi agen tp gada tmpat buat nampung klo diindonesia cuma ada BIN itu juga pendidikan nya harus tinggi.. gimana klo kita bikin grup karena kita juga bisa jadi mata2 gimana?

Blogger aziz imam at 8:34 PM, December 11, 2015 said:

Hahahhaaa aku banget ini.
Tp ak ga begitu beruntung krn ga bisa masuk HI. Akhirnya ak masuk sastra prancis.
Krn intuisi melakukan kegiatan intelegensiku sudah ada secara alami, ak sampai bisa mendekati rektor, walhasil ak mendirikan sebuah organisasi di kampusku.
Sekarang ak kerja di leasing (pembiayaan otomotif). Berkat kemampuan mengolah kata dan melakukan intimidasi halus, nasabah2 yg ak temui bisa jujur semua bahwa mrk pernah punya masalah hutang piutang atau engga.

But, ak memang masih terobsesi untuk menjadi agen inteligen! Waspadalah! Waspadalaahh!!

Anonymous Anonymous at 11:12 PM, March 31, 2016 said:

Aku mau berteman dengan kalian.

Blogger Az Zahra at 4:10 PM, August 01, 2016 said:

Undang dong yang di http://intelindonesia.blogspot.com/2006/05/tentang-institut-intelijen-negara-iin.html
Nggak bisa dibuka.. :')
Pengen tau juga tentang conan edogawanya indonesia atau mission impossiblenya indonesia :D

Blogger Az Zahra at 4:12 PM, August 01, 2016 said:

Undang dong yang di http://intelindonesia.blogspot.com/2006/05/tentang-institut-intelijen-negara-iin.html
Nggak bisa dibuka.. :')
Pengen tau juga tentang conan edogawanya indonesia atau mission impossiblenya indonesia :D

Blogger timo tilo at 1:50 AM, October 16, 2016 said:


The task of a tough FBI agent and responsibly.
togel sgp

Post a Comment

Shoutbox



Instagram