alamanda.blogspot.com is proudly powered by Blogger
Template Design by Didats Triadi

DateTuesday, February 13, 2007   Comment

ini buku yang sedang kubaca.

Photobucket - Video and Image Hosting

kisah sejati vokalis salah satu band yang paling dicintai di seluruh dunia. Red Hot Chilli Peppers. seorang laki-laki bertattoo yang tampan, suka bereksperimen pada dirinya sendiri (dengan musik, penampilan, aksi kontroversial, segala jenis drugs dan entah apalagi) dan punya banyak pacar. cerita hidup yang kayaknya hanya mungkin terjadi dalam film.

rasanya aku kenal seseorang dengan penggambaran yang lebih kurang sama di dunia nyata. walau mungkin nggak seterkenal Anthony Kiedis.

perjalanan RHCP selama lebih dari duapuluh tahun dicatat khusus dalam sejarah. musik, gaya dan penampilan mereka mengubah hidup jutaan anak muda di dunia, dan mengubah hidup orang yang tidak muda lagi, ketika mereka memberi pemahaman lebih pada anak-anak muda yang dijangkiti RHCP.

lagu kedua RHCP yang menarik perhatianku adalah My Friends dari album One Hot Minute. Anthony Kiedis yang memakai gaun berwarna putih, mendayung perahu yang bergerak pelan melintasi air yang tenang, seperti sedang sangat muram dan tenggelam teramat dalam. aku saat itu, anak SMP yang menyerap segala hal yang dilihatnya di TV, mengerutkan kening memikirkan mengapa Kiedis yang biasanya pecicilan jadi sangat kontemplatif. inget kan sama lagu itu? itu loh, yang liriknya begini...

Ex girlfriend called me up
Alone and desperate on the prison phone
They want... to give her 7 years
For being sad

I love all of you
Hurt by the cold
So hard and lonely too
When you dont know yourself

walaupun sebenarnya aku tahu kalau Kiedis bisa jadi halus dan melodius, terutama ketika bicara tentang kesunyian. misalnya dalam lagu Under the Bridge. barangkali kehidupan panggung yang hingar-bingar, gadis-gadis manis berambut pirang dengan tubuh menggiurkan dan bibir merah yang basah, hari-hari antara tidur dan tidak sadar akibat ganja, heroin atau cocain, sorot lampu ribuan watt dan suara musik yang menggelegar tidak memberi Kiedis kenyamanan sejati. ia (dan Flea) adalah personil yang terus ada di sana, tak peduli betapa RHCP jatuh bangun. kesepian, ketakutan dan seluruh kelemahannya diberikan pada obat-obatan terlarang.

Sometimes I feel
Like I dont have a partner
Sometimes I feel
Like my only friend
Is the city I live in
The city of angel
Lonely as I am
Together we cry

...

Under the bridge downtown
Is where I drew some blood
Under the bridge downtown
I could not get enough
Under the bridge downtown
Forgot about my love
Under the bridge downtown
I gave my life away

lagu mereka yang tidak bosan-bosannya aku dengarkan adalah Road Trippin'. aku senang sekali waktu akhirnya mereka membuat video untuk lagu ini. sejak dulu aku menyukai kehidupan bersama band. dan tahun-tahun beredarnya Californication adalah episode hidupku bersama Melancholic Bitch. aku bisa mengingat hari-hari ketika bersama mereka, aku berkumpul dan tidak melakukan apa-apa.

It's time to leave this town
It's time to steal away
Let's go get lost
Anywhere in the U.S.A.

Let's go get lost
Let's go get lost
Blue you sit so pretty
West of the one
Sparkles light with yellow icing
Just a mirror for the sun
Just a mirror for the sun
Just a mirror for the sun

nah, video klip mereka yang paling niat dan paling seru idenya tentu saja Dani California. semangat bermain-main dan bersenang-senang sangat terasa dalam film pendek tentang perkembangan musik itu. aku terus-menerus ketawa waktu pertama kali nonton video mereka, sambil sibuk menebak-nebak, sedang jadi siapakah Red Hot Chilli Peppers sekarang.

oyah, karena aku bukan Benny, aku nggak akan kasih spoiler tentang buku ini. mendingan beli aja dan baca sendiri karena lebih seru. rekomendasiku, ini salah satu buku yang pantas dikoleksi.

Comment

Blogger mBu at 10:36 AM, February 14, 2007 said:

*browse ..\MP3\Luar\Red Hot Chili Peppers*

*play*

Anonymous saras at 10:41 PM, February 14, 2007 said:

kak Dian, bagus deh tulisannya. Aku jarang ngedenger lagu dari Hot chilli paper, tapi, aku terkesan banget wajktu kak Dian nulis ttg Hot chilli paper. Aku minta diajarin nulis dong......

Blogger Bimo Septyo Prabowo at 2:07 AM, February 15, 2007 said:

lam kenal

tes tes http://bimoseptyop.blogspot.com

Anonymous Ebo at 2:11 AM, February 16, 2007 said:

Hi, Kak Dian...
Aku iseng Search text "Yoga" sebelum baca tulisan Ina tentang RHCP . Aku pikir ada... Karena aku tahu mereka "do yoga" (Seperti Ina?) mungkin untuk mendapatkan power bermain musik funky jingkrak-jingrak dengan menjaga aransemen tetap bagus selama 4 jam?. Kiedis bisa sirsasana cukup lama, mungkin itu sebabnya badannya seperti surfer yang lentur, padahal dia ngaku nggak olahraga. Terkaitnya RHCP dg ganja, heroin atau cocain emang cerita lama.. Apalagi banyak lagu-lagunya yang konon terkait dengan sisi gelap mereka. Salah satunya.. ya itu "Under The Bridge" Terakhir yang paling parah Hillel Slovak gitaris RHCP yang lama mati taun 1984 karena heroin....

Blogger Dian Ina at 5:20 PM, February 16, 2007 said:

@saras: makasih komentarnya yaa... eh, kalo mau belajar nulis bukannya sama papanya saras aja. yang lebih jago dan lebih ampuh:D

@bimo: salam kenal juga

@kak ebo:kiedis emang atletis dari dulu karena suka olahraga, dari yang biasa (basket, renang, surfing) sampe yang lucu (skateboarding) dan berbahaya (terjun dari lantai 5 rumah orang ke kolam renang).
ada banyak cerita lain tentang RHCP selain drugs sih... nanti aja aku ceritain kalo baca bukunya udah selesai yah!

Anonymous Anonymous at 1:08 PM, April 08, 2007 said:

Yeah, RHCP Rocks!

Flea is my idol in bass player.

--budiw

Anonymous hendraa at 1:05 AM, January 25, 2010 said:

gw pertama kenal rhcp wktu smp,. dan di saat gw terpuruk saat sma baruw gw ngerti arti dari lagu2nya mereka.. dalem banget, scar tissue.. gw jadii bisa memaknai cinta darii sisi yg laen,rhcp bukan band munafik yg menggunakan lirik cinta yang manja dan sok ganteng. ..lagu2 mereka akan tetep ada di memory gw ,ampe gw matii..gw sempet khilangan orang yg sangat gw sayangi,nyaris terpuruk dlm kehancuran, tapi lyric rhcp menyadarkan gw, gak percaya?? denger lagunya dan maknain arti liric lagu mereka.. peAce !!
Kau ikat, kau caci, kau maki, diriku, disini, merintih, menangis, teriak, histeris, tertawa, terbahak, dirimu, menggila, phsyco mu tak hilang!

Blogger Rifqi Shufrony at 3:18 PM, May 17, 2014 said:

True story, semenjak saya jadi fans RHCP, kebiasaan buruk saya hilang dengan seketika.. liriknya begitu dalam dan gak mainstream seperti band2 lainnya yg lebih mementingkan keuntungan label musik yg menaunginya :)

Blogger yudo nugroho at 3:16 PM, September 23, 2014 said:

mba dian pengen chat dan bertukar pikiran,,,, gimana caranya

Post a Comment

Shoutbox



Instagram